Secangkir Kopi Ruang dan Waktu

Gue percaya jika semua orang di dunia ini pasti memiliki sahabat. Sahabat yang benar-benar memahami dan mengerti tentang diri kita. Orang yang tahu segala hal yang tidak diketahui orang lain tentang diri kita. Orang yang ada di samping kita saat senang dan susah. Orang yang selalu mendukung segala hal yang kita impikan. Orang yang selalu mengingatkan kita jika kita mulai melakukan hal-hal yang tidak seharusnya kita lakukan. Orang yang dengan sepenuh hatinya mau meluangkan waktu dan tenaganya untuk menolong kita kapan pun.

Bagaimana proses pertemuan kedua orang yang nantinya menjadi sahabat selalu menjadi bagian yang menarik bagi gue. Ada orang yang bertemu dengan calon sahabatnya karena satu kelas di sekolah, ada juga yang bertemu karena satu tempat les, ada yang bertemu di tempat kerja, ada lagi orang yang bertemu dengan calon sahabatnya di suatu tempat tertentu karena memiliki minat atau hobi yang sama. Namun diantara semua itu, ada satu proses yang beda dari lainnya, yaitu ketika dua orang yang pernah menjalin hubungan spesial (lawan jenis tentunya) memutuskan untuk menjadi sahabat ketika hubungan mereka berakhir. Bagi gue proses-proses ini seolah terjadi dengan tidak sengaja dan mengalir begitu saja. Tapi mungkin alasan sebenarnya yang terjadi adalah karena pilihan hidup kita. Pilihan kita yang memutuskan untuk masuk ke suatu sekolah tertentu, tempat les tertentu, melamar di sebuah perusahaan, pergi ke suatu tempat konser, atau memutuskan untuk menjalin persahabatan kembali dengan mantan pacar kita. Sejatinya pilihan-pilihan itu tidak terjadi dengan sendirinya. Diri kita seolah tersugesti untuk memilih pilihan tersebut, dan seorang yang tidak kita kenal (yang nantinya menjadi sahabat kita) juga mengalami hal yang sama. 

Pertanyaannya, siapakah yang memberikan sugesti itu? Mungkin gue bisa menjawab, yaitu alam semesta. Alam semesta yang mengatur semuanya. Alam semesta yang mengatur jalannya roda kehidupan, mengatur sebuah rantai makanan, juga mengatur proses pertemuan ini. Pertemuan yang akan mengubah hidup seseorang. Pertemuan yang tidak pernah kita bayangkan. Pertemuan yang tidak pernah kita tahu sebabnya. Namun sesungguhnya alam semesta selalu memberikan yang terbaik untuk setiap individu yang bernaung di dalamnya. Semesta selalu mengatur semuanya dengan terencana. Mengatur agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Termasuk mengatur pertemuan seorang anak manusia dengan anak manusia yang lain agar mereka dapat mengisi dan melengkapi satu sama lain tanpa memandang kelebihan maupun kekurangan masing-masing diantara mereka. Karena sejatinya, kuasa alam semesta mampu melampaui batas ruang dan waktu.
  

                                                                     #######




Pernah ngerasain kan, yang namanya punya temen deket, bahkan bisa dibilang sahabat karib yang udah kenal lama banget sama lo dari kecil sampe sekarang lo udah (agak) gede? Ketika dia tahu banyak hal tentang lo dan lo tahu banyak hal tentang dia. Lo bisa cerita apa aja ke dia karena lo udah percaya sama sahabat lo itu. Dan inilah kisah gue dengan sahabat gue.

Hari itu, setelah tadi gue abis makan sama Ezar di sebuah restoran seafood terkenal di satu pusat perbelanjaan di daerah Kuningan, disinilah gue berada sekarang. Sambil memutar lagu Amy Winehouse - Rehab dari hapenya, pertanyaan sederhana dari sohib gue ini muncul saat kami sudah berada di Starbucks Coffee Kota Kasablanka.

             ‘Sob, lo ngerasain gak sih kalo masa SMA lo sekarang jadi masa paling enak buat lo?’

             ‘Asik sih. Tapi kalo menurut gue bukan yang paling asik. Kenapa emang?’ jawab gue.

             ‘Asiknya gimana dulu nih?’ tanya dia lagi.

           ‘Ya asik karena bisa dapet lebih banyak temen, lebih gampang bergaul sama orang, wawasan jadi lebih kebuka, pandangan juga bakal jadi lebih dewasa dari yang dulu. Gitu deh pokoknya. Kenapa lo nanya gitu?’ seru gue.

           ‘Kalo soal itu sih emang bener. Tapi bukan itu yang gue maksud sebenernya,’ jawab dia lagi, makin serius.
            ‘Jadi sebenernya apa yang lo maksud?’ tanya gue, karena masih gak nyambung.

            ‘SMA yang katanya moment paling indah dalam hidup, ternyata nggak,’ dia kembali menjawab.

            ‘Lah kok gitu?’ tanya gue, lagi-lagi makin bingung.
      
           ‘Iya, setelah hampir sepenuhnya ngejalanin masa SMA ini, gue ngerasa pengen jadi anak kecil lagi ang gak ada beban dalam hidupnya dan gak punya banyak hal buat dipikirin dan dikhawatirkan. Dimana tanggung jawab dan tuntutan buat mereka masih ada di skala terkecil. Semua hal sudah diatur dan dipersiapkan. Tinggal lakuin hal-hal kecil yang gampang. Cuma sesimpel belajar menggambar dan menghitung, atau belajar naik sepeda. Seolah-olah gue jadi kepengen ngebaca terus buku-bukunya Roald Dahl yang emang ditujukan buat anak kecil sambil tidur-tiduran di lantai buat ngerasain dinginnya ubin rumah gue. Tapi sekarang semuanya udah gak bisa lagi. Sekarang gue udah harus lebih banyak mikir. Ngatur dan ngejalanin semuanya sendiri. Lo sendiri kan tau gue orangnya gimana,’ jawabnya menjelaskan.
     
           ‘Lo kenapa bisa mikir gitu?’ tanya gue, sambil menyeruput Caffe Americano yang gue pesan tadi. Gue mengernyitkan mata. Kopinya masih panas banget.

           ‘Gini deh, di SMA, setiap apa yang lo lakuin pasti penuh konsekuensi dan nantinya bakal diomongin sama orang-orang, ya gak?’

            ‘Iya sih gue ngerti maksud lo, tapi contohnya kayak gimana?’ kali ini gue sotoy pura-pura ngerti.

            ‘Aduh, jujur ajalah kalo gak ngerti. Jadi contohnya pas lo nanti disuruh mau masuk kuliah di jurusan apa, terus lo ditanya kenapa mau masuk jurusan itu, apa memang udah sesuai sama kemampuan lo, terus apakah lo udah tau dan yakin pas lulus nanti prospek kerja lo gimana, gitu-gitu deh pokoknya. Terus kalo misalnya lo udah milih satu jurusan nih, pasti nanti akan ada orang lain yang sewaktu denger kabar itu bakal komentar segala macem kayak komentator bola. Itu yang menurut gue agak berlebihan dalam dunia orang dewasa. Kenapa yang kita lakuin harus ada embel-embel ini itu. Kenapa yang kita lakuin gak bisa sesimpel kayak anak kecil pas lagi ngelakuin sesuatu, yang cuma berdasarkan ‘gue suka ini’ atau ‘gue seneng ngelakuinnya’. Kenapa inti dari semua yang orang dewasa lakuin cuma sebatas karena mikirin hari esok dan masa depannya. Kenapa orang dewasa gak mikirin aja tentang kehidupannya hari ini tanpa perlu mengkhawatirkan hari esok. Gue pernah denger satu ungkapan yang bunyinya “Biarlah kesusahanmu hari ini cukup untuk hari ini saja, begitu juga dengan kebahagiaanmu”. Kadang gue berpikir kalo orang dewasa tuh terlalu mikirin resiko dan konsekuensi, neko-neko dan lebay, sama kayak lemotnya otak lo yang udah lebay porsinya.’

            Gue nyengir dan menjawab, ‘Ah lemot-lemot juga tetep mau kan lo temenan sama gue? Ya kalo menurut gue gak apa-apalah orang dewasa mikirin masa depannya, kan itu juga buat keluarganya. Makanya lo kalo bergaul pas malem minggu jangan sama anak-anak SD deket rumah lo, jelas aja lo jadi envy kan sama mereka. Lo tuh kelamaan berkoloni sama mereka, jadi lo lupa umur dan lupa sama brewok lo yang udah kayak Juan Mata. Terus tadi contoh lo cuma itu aja?’


            ‘Nah terus ada satu contoh lain lagi nih gue. Jadi misalnya lo suka sama satu artis tertentu deh, bisa penyanyi atau aktor gitu. Nah kalo orang lain ada yang tau, bisa aja mereka komentar ke lo yang isinya nyindir kenapa lo harus suka sama artis itu. Gambaran nyata bisa lo liat di acara gosip tv. Isinya cuma ngomentarin kehidupan orang lain aja. Kenapa orang dewasa harus ikut campur dan ngurusin orang lain padahal mereka gak punya hak apa-apa. Kali ini lo harus ngerti maksud gue.’

           ‘Iya-iya kali ini gue nyambung kok,’ jawab gue yang emang beneran nyambung. ‘Emang sih beberapa hal yang diyakinin sama orang dewasa cuma bisa dimengerti sama mereka, kenapa dan buat apa hal itu mereka lakuin. Bener banget,’ lanjut gue lagi, setuju dengan opini Ezar.



 



Masih ditemani dua cangkir kopi hitam, disini gue berdua udah kayak dua lelaki disorientasi seksual yang hilang arah. Disaat meja-meja yang lain ditempati oleh sepasang kekasih, tapi di meja gue ini yang ada malahan sepasang sahabat. Sahabat homo. Ketika itu Ezar memakai kemeja putih lengan panjang yang agak ketat. Gue jadi parno. Gue gak mau ada hal buruk menimpa gue beberapa saat lagi. Gue dan Ezar masih terus mencari-cari topik obrolan lanjutan yang bisa kita bahas lagi, agar gue bisa melupakan pemikiran ngelantur gue barusan.

            Tiba-tiba Ezar berkata kepada gue, ‘Feb, nantinya lo udah siap belom buat jadi orang dewasa dan akhirnya nanti nikah? Dengan segala konsekuensi yang ada?’

            Gue sangat lega, dan langsung menjawab, ‘Siaplah, kenapa gue harus gak siap?’

            Dia melanjutkan, ‘Nah biar gue jelasin skenarionya nih. Jadi gini. Nantinya pas lo udah nikah, terus lagi ngumpul-ngumpul di kafe bareng sama temen-temen lama, lo bakal balik duluan karena anak dan isteri lo udah nunggu di rumah. Lo gak bakal bisa bebas kayak waktu muda karena lo udah punya tanggung jawab. Udah punya orang yang harus lo urus. Jadi lebih beban kalo buat ketemu lagi sama temen-temen lo.’

            ‘Wah iya bener juga ya lo. Kalo nanti gue udah punya isteri sama anak pasti bakalan kayak gitu,’ jawab gue santai.  

            ‘Nah tapi disitulah masalahnya buat lo. Mana ada cewe yang mau sama cowo yang make sepatu Vans kayak lo.’
          
             ‘Loh emangnya kenapa?’ tanya gue, kaget.
           
            ‘Emangnya selama ini lo pernah pacaran sama cewe dalam waktu yang lama? Nggak kan? Gak ada cewe yang betah sama lo. Itu semua karna selera lo yang doyan sama hal-hal semacam Vans gitu. Kalo misalnya gue terlahir sebagai seorang cewe, gue juga gak bakal mau sama lo.’

Gue pun cuma bisa menghela nafas atas apa yang dia katakan barusan. Jujur sekali sobat gue ini. Gue merenung. Apa yang dia bilang itu emang bener. Soal selera-selera buruk gue, Vans, dan mantan-mantan gue yang gak pernah betah sama gue. Kadang gue berpikir mengenai hubungan gue dengan semua mantan gue. Apakah gue yang salah? Apakah dia yang salah? Ataukah kita berdua yang sama-sama salah, sampai-sampai hubungan gue dengan mantan-mantan gue gak pernah ada yang awet? Selalu berakhir dengan alasan yang sama: kita udah gak cocok lagi. Gue ngerasa bosen setiap mendengar alasan klasik kayak gitu. Tapi setelah gue introspeksi diri sendiri, alasan itu selalu bener. Gue dan semua mantan gue biasanya putus karena alasan itu. Kadang gue yang ngebuat dia gak nyaman sama gue, tapi kadang dia juga yang ngebuat gue ngerasa gak nyaman sama dia.

Kadang waktu bisa merubah seseorang yang dulu kita kenal menjadi seseorang yang tidak kita kenal. Yang dulunya baik, perhatian, pengertian, bisa aja berubah jadi cuek, gak peduli, dan egois. Mungkin itu yang terjadi sama gue. Gue berubah seiring jalannya waktu. Bukan seperti Ultraman yang berubah buat nolongin banyak orang, gue malah berubah dan membuat orang yang gue sayang jadi gak nyaman lagi sama gue. Yang di awal masa pendekatan gue selalu ada buat dia, selalu ngertiin dia, selalu ngelakuin apa aja buat dia, tapi seiring berjalannya hubungan itu gue berubah jadi egois, posesif, dan sering nggak ada disaat dia butuh gue.

Menurut gue, setiap  hubungan pasti ada akhirnya. Entah berakhir dengan lanjut ke tahap selanjutnya, atau malah berakhir dengan sia-sia. Dari pendekatan terus jadian, dari pacaran terus tunangan, dari tunangan terus nikah. Itu adalah cara yang baik buat mengakhiri sebuah hubungan, dari yang serius menjadi lebih serius lagi. Tapi lain ceritanya kalo hubungan itu berakhir pada tahap yang nggak kita harapkan. Dari pendekatan malah di-PHP-in, dari jadian malah putus, dan dari nikah malah cerai, misalnya. Itu adalah akhir hubungan yang SEHARUSNYA tidak kita harapkan. Tidak kita harapkan jika kita menjalani hubungan itu dengan tulus dan serius.


Akhir yang seperti itu terjadi (mungkin) karena kita berubah. Tinggal bagaimana kita menjalani setiap hubungan tersebut. Tetap menjadi diri kita apa adanya, atau kita akan berubah seiring jalannya sang waktu.

Gue juga sempet kepikiran soal kata ‘mantan’. Di dunia ini emang ada yang namanya mantan pacar, mantan isteri, mantan guru, mantan murid, dan masih banyak mantan-mantan lain yang bertebaran dan gak keurus. Tapi pernah gak kita sadar kalo misalnya gak ada yang namanya ‘mantan temen’ atau ‘mantan sahabat’ di dunia ini? Tau sebabnya? Karena menurut gue, teman dan sahabat adalah suatu hubungan yang abadi, yang gak mengenal tahapan dan waktu.

Sahabat bakal selalu jadi sahabat buat kita, gak bakal berubah nama dan gak bakal berubah karakter. Sahabat akan selalu sama dari saat kita pertama ketemu hingga saat ini. Sahabat gue pun tetap sama, saat dulu gue kenal sahabat gue pas SD hingga sekarang ini, dia masih sama. Sahabat akan selalu apa adanya dan gak pernah berubah cuma demi kita. Sahabat akan selalu jadi dirinya sendiri, baik saat dia butuh kita ataupun kita butuh dia. Dan sudah selayaknya kita selalu ada buat dia, karena sahabat adalah sosok kedua setelah orangtua kita yang bisa kita percaya.

Lagipula, gak akan ada urutan ‘sahabat pertama’, ‘sahabat kedua’, dan seterusnya. Hanya ada satu istilah saja yaitu ‘sahabat’. Gue berani jamin sampe gue tua nanti isilah-istilah aneh kayak gitu gak bakal ada. Jadi, sampai kapanpun, dimanapun, siapapun diri lo, gak bakal pernah ada di dunia ini yang namanya ‘mantan temen’ apalagi ‘mantan sahabat’. Jagalah sahabat jauh lebih baik daripada menjaga pacar atau gebetan lo yang sekarang karena suatu saat mereka cuma akan jadi ‘mantan’ buat lo. Percaya deh.



 



            WOOYY lo ngelamun yak? Gue ajak ngomong daritadi pandangan lo kosong gitu,’ teriak Ezar membuyarkan segala khayalan gue barusan.

          ‘Ah nggak kok, nggak. Gue cuma baru sadar aja kalo kita udah kenal dan sahabatan hampir delapan tahun. Gak kerasa banget. Gue jadi terharu gini,’ ujar gue, berusaha bersikap melankolis.

            ‘Kok tiba-tiba lo jadi ngomong kayak gini? Lo tadi abis ngayalin apaan sih? Gue jadi ngeri. Udah deh jangan aneh-aneh. Gue masih suka sama perempuan, Feb.  By the way, lo tau lagu yang liriknya “Kita adalah sepasang sepatu, selalu bersama, tak bisa bersatu” kan?’
 
            ‘Oh tau kok, lagunya Tulus. Kenapa emangnya?’ tanya gue.

            ‘Coba aja masa kanak-kanak kita sama aja kayak sepasang sepatu, gak bisa lepas dari hidup kita sampai kapanpun. Selalu ada bareng sama kita.’

Mendengar perkataannya barusan, gue jadi tersentak. Gue juga berfikir andai saja teman lama yang kita miliki saat ini selalu ada bareng-bareng sama kita. Meskipun berpisah dan selalu ada teman yang baru, gue ingin komunikasi gue dengan teman-teman lama gue gak putus dan bisa terus berjalan, kalo perlu sampe gue tua nanti. Satu diantara teman-teman yang gue maksud adalah Ezar. Gue dan dia sudah kenal sejak SD. Banyak hal yang sudah kami lewati bersama. Kecuali sunatan.



                                                                  ----------

 
 
Sekarang gue dan dia sama-sama mengejar cita-cita masing-masing. Terakhir kali gue ngeliat Ezar dalam proses ngejar mimpinya adalah saat tampil di Java Jazz Festival. Sejak kecil Ezar memang udah pengen jadi musisi. Sebenernya gue juga begitu, tapi skala gue lebih kecil, yaitu musisi kamar mandi. Ketika itu gue memang berkesempatan buat nonton dia manggung di sana. Satu hal yang gue kaget adalah saat gue hendak masuk ke dalam kawasan festivalnya. Di pintu gerbangnya aja, manusia-manusia yang lagi pada ngantri mau masuk ke dalem udah memanjang sampai sekitar lima puluh meter. Untungnya aja gue dateng ke festival yang tepat. Coba aja kalo gue dateng ke festival musik rock atau bahkan metal. Gak bakal ada antrian masuk yang kondusif dan tertib. Malahan yang ada kerumunan orang itu akan saling adu jotos supaya bisa masuk duluan ke dalam tanpa harus ngantri lama-lama. Haaahh. Gue gak kebayang kalo khayalan gue bener-bener kejadian. Baru aja ngantri depan gerbang masuk, tapi gue udah langsung di gotong petugas keamanan disitu ke mobil ambulance karena sekarat kehabisan darah gara-gara kepala gue bocor. Sia-sia dong gue udah beli tiket pake duit tabungan gue sendiri. Tapi nyatanya segala anggapan buruk gue itu gak terwujud dan sekarang gue udah ada di dalem area festivalnya.


Setelah sekitar dua puluh lima menit mengantri, akhirnya gue bisa masuk ke sana. Suasana pertama yang gue lihat pas udah masuk ke sana adalah: di sana isinya manusia semua, sana-sini manusia, gue jadi pusing ngeliatnya. Anyway, gue langsung menuju ke stage tempat teman gue itu akan perform. Saat dalam perjalanan menuju ke stage yang dimaksud, gue dan Ezar sempat ketemu dengan beberapa artis.
 
Gue akan menceritakan satu diantaranya. Suatu ketika dalam perjalanan menuju ke stage yang dimaksud, gue dan sohib gue ini berpapasan dengan seorang cewe yang wajahnya tidak asing bagi gue. Rambutnya panjang dan memakai baju putih bergaris hitam (kalo gak salah). Ketika berpapasan dengan cewe tersebut, gue cuma diem, karena gue masih ragu-ragu dia itu siapa. Gue hanya curi-curi pandang sama cewe itu. Setelah kami dan dia sudah saling melewati satu sama lain, gue berkata pada Ezar, "Sob, itu cewe tadi mirip banget sama Eva Celia, men. Tapi rambutnya panjang sih."

Dengan santai Ezar cuma bilang, "Itu emang Eva Celia, bego."

Gue pun kaget, "SERIUSAN LOOO???!!!!!!!"

Dan ketika gue menoleh ke belakang buat ngeliat dia lagi, Eva sudah hilang di antara lautan manusia disana.

Berhubung gue baru aja melewatkan momen ketemu sama seorang Eva Celia, gue pun sempet nyesel selama beberapa saat. Coba aja tadi gue nyadar kalo itu emang beneran Eva, kan lumayan gue bisa minta foto bareng. Dan gue bakal mandangin foto gue sama dia tiap gue mau tidur. Iya, gue tahu gue alay.

Dan selagi gue masih menyesali kebodohan gue beberapa detik yang lalu, Ezar tiba-tiba berkata ke gue, "Feb, buruan nih udah mau jam 11. Lo gak mau ngeliat temen lo ini nampang diatas panggung? Haha." Gue pun baru sadar kalo udah mau jam 11. 

     Gue langsung menjawab, "Yaudah deh ayok langsung ke stage lo. Gue pengen liat seberapa kuat chemistry antara lo dan Fender usang lo itu. Nama panggung lo apa?"

            "Citra Intirama Stage, Feb," jawab Ezar cepat.

Gue dan dia bergegas menuju tempat yang dimaksud. Langkah kaki kami semakin cepat. Kawasan festivalnya lumayan luas. Banget. Kalo aja ada ojek di dalem kawasan itu, gue bakal naik itu ojek. Beberapa menit kemudian gue dan dia sudah resmi sampai di panggung Citra Intirama. Dia langsung check sound bersama dengan bandnya. Menurut rencana mereka akan membawakan lima buah lagu. Satu diantara kelima lagu itu adalah lagu mereka sendiri, yang adalah lagu jazz instrumental. Empat lagu yang lain adalah lagu Suit n Tie - Justin Timberlake, Thinking bout You - Frank Sinatra, Happy - Pharrel Williams, dan Virtual Insanity - Jamiroquai. 

Selama sekitar empat puluh menit gue menikmati perform mereka. Kesempatan yang sangat langka buat gue menonton temen gue ini manggung, karena gue juga lumayan sibuk (ehem) dan mayoritas dia manggung di tempat-tempat yang lumayan jauh dari rumah gue. Segelas Cappuccino hangat menemani gue ketika itu. Gue sangat nyaman dan menikmati suasana saat itu.

Selesai bandnya manggung, gue langsung memberi selamat ke dia. Jujur gue sendiri bangga ngeliat dia ketika itu. Dia udah hampir berhasil mewujudkan mimpinya selama ini. Dan gue adalah saksi betapa sulit dan panjangnya proses itu. Kadang gue jadi ngerasa terpacu buat memperjuangkan mimpi gue sendiri.

Dan setelah perform, dia mengajak gue untuk melihat penampilan musisi yang lain. Dari musisi yang masih 'kecil' sampai yang sudah punya 'nama'. Gue menikmati semuanya. Tapi kalau boleh jujur, setiap orang yang ingin menikmati komposisi jazz yang bener-bener kental, maka carilah di panggung-panggung kecil di sudut-sudut kawasan festivalnya, biasanya di dekat kafe atau restoran. Karena menurut gue, musisi-musisi yang tampil di panggung seperti itu lebih 'jujur' dalam mengapresiasikan feel mereka dalam ber-jazz-ing. Mereka juga tampak lebih menikmati kesempatan dan detik-detik ketika mereka tampil di atas panggung itu, bukan hanya sekedar tampil dan mencari keuntungan komersial semata. Jauh diatas mencari nilai Rupiah, tapi yang mereka cari adalah kepuasan hati mereka sendiri. Kepuasan dalam menunjukkan bakat bermusik dan penyampaian pesan kepada penonton. Itulah satu hal yang bagi gue bernilai lebih.

Selesai gue dan dia menikmati panjangnya malam itu, kami beristirahat di sebuah rumah makan cepat saji. Sambil sesekali menirukan bunyi saxophonenya Dave Koz di lagu Together Again yang tadi kami tonton secara langsung, dia menceritakan bagaimana bangganya dia hari itu. Yang dulunya dia dan bandnya mendaftar di acara-acara pensi sekolahan supaya bisa manggung, kadang tampil secara cuma-cuma, kadang dibayar dengan nasi kardusan, tapi sekarang dia udah bisa tampil di acara musik berkelas dan bahkan udah punya duit sendiri. Dari yang dulu dia biasa main PS bareng gue, sekarang dia udah mau jadi artis. Ketika itu jam menunjukkan pukul 02.35. Gue yang memang memutuskan pulang pagi harinya ke rumah, mulai membahas banyak hal sama dia sambil menghabiskan waktu. Gue sempet ngajak dia kumpul bareng-bareng lagi sama temen-temen yang dulu, sekedar makan atau main futsal bareng, atau bahkan main PS bareng lagi. 

Ya, berhubung dia udah resmi jadi (calon) artis, dia berkata bahwa hanya waktulah hambatan yang menghalanginya berkumpul lagi bareng gue dan temen-temen lama. Padahal kita emang udah jarang banget kumpul rame-rame. Dengan alasan mempersiapkan album pertama bandnya dan pembentukan proyek band barunya yang lain, dia minta maaf ke gue. Sejujurnya dia juga ingin kumpul bareng-bareng gue dan teman yang lain, tapi sekarang bukan waktu yang pas. Gue agak kesel juga dia jadi sok sibuk gitu, tapi setelah gue pikir-pikir, gak apa-apalah. Apa yang salah dari orang yang lagi giat-giatnya ngejar mimpinya, ya gak sih?

Sahabat gue ini sudah berhasil merintis mimpinya dari bawah. Dan gue adalah saksi hidup dari perjuangannya tersebut. Sekarang ini dia sedang melebarkan sayapnya dengan membentuk beberapa project band baru dengan temannya yang lain. Dia ingin agar dirinya benar-benar bisa meraih keinginannya dengan proses yang panjang dan benar, hingga nantinya dia bisa menjadi musisi yang benar-benar berhasil dan diakui oleh banyak orang. 

Gue juga jadi yakin kalo gue harus lebih menghargai hidup ini terutama dari prosesnya. Karena pada saat-saat seperti ini, bagi gue hidup adalah proses pencarian jati diri. Dan juga proses pencarian siapa teman kita yang sebenarnya. Yang benar-benar menerima kita sebagai teman apa adanya, bukan ada apanya.


 


                                                    ----------


Ketika itu, setelah flashback panjang gue selesai, disaat jam gue sudah menunjukkan pukul 20.05, Ezar mengajak gue pulang, sebelum kita nanti diusir sama mbak-mbak penjaga kafenya karna udah kelamaan ada disitu.

Mengakhiri obrolan panjang kami hari itu tentang banyak hal, dia sempet bilang ke gue,
            ‘Gue gak nyangka secangkir kopi hitam bisa menceritakan banyak hal.’

            ‘Iya. Secangkir kopi hitam bisa membawa kita melewati batas ruang dan waktu. Yang gak bisa kita alami dua kali dalam hidup kita,’ balas gue.


 




~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Nostalgia Volunteer Java Jazz Festival 2016

Gue dan 'My Blog-graphy'

Ketika Kau LDR