Hidup Musik Indie Indonesia !!

YESSSSS ketemu lagi sama gue yang kali ini (lagi-lagi) masih nulis di blog gue ini. :-D

Udah agak lama gak ngepost disini, nah kali ini gue bakal ngepost soal beberapa lagu Indie Indonesia yang menurut gue 'berkelas' dan gak kalah sama lagu-lagu dari record label terkenal dalam dan luar negeri.

Karena menurut gue sebagai music addict (eheemm), masih banyak banget musisi Indie dalam negeri yang sebenernya punya karya yang gak kalah bagus sama musisi papan atas lainnya.

Yaudah gausah basa-basi lagi (kalo kelamaan basa-basi nanti tulisan gue yang jadi basi) inilah beberapa lagu Indie favorit gue !! Check this out!! :)



1) EndahNRhesa


               

Favorite Tracks:
- When You Love Someone

Dari intro-nya aja, kita udah diajak buat bergalau ria lewat lagu ini. Singkat saja, menurut gue lagu ini
 berisikan kisah tentang seseorang yang menyukai orang lain dengan sangat dalam. Namun ia masih ragu bagaimana dirinya harus menyampaikan perasaannya tersebut. Orang yang disukainya seolah hanyalah mimpinya saja, yang tidak mungkin bisa dia raih. Reff lagu ini memiliki makna bahwa jika kita ingin mewujudkan mimpi kita bersama dengan orang yang kita sayang, maka satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah berani mengatakan pada orang tersebut apa yang sebenarnya kita rasakan. Atau kita akan kehilangan kesempatan untuk mewujudkan mimpi kita tersebut.

- Wish You Were Here

Apa yang terlintas di benak lo ketika membaca judul lagu ini? Judulnya sama kayak lagu Avril? Iya emang sama, tapi dari komposisi musik, lirik, dan suasana yang dibangun dalam lagu ini jauh berbeda dengan lagunya Avril. Dengan mengusung genre Pop, Folk, Akustik, duo suami isteri ini kembali mengajak kita tenggelam dalam kegalauan hubungan jarak jauh (Long Distance Relationship) yang digambarkan melalui lagu ini. Ketika sepasang kekasih yang terpisah oleh jarak dan waktu, mereka hanya bisa menunggu satu sama lain tanpa adanya kepastian. Hanya ada satu hal yang bisa mereka lakukan bersama untuk menghilangkan kegalauan dan rasa rindu mereka: melihat sinar bulan di malam hari dari dua tempat yang jauh. Mereka hanya bisa berharap satu sama lain: "Andai kamu ada di sini".



Another Tracks:

- Remember Me
- I Don't Remember
- Kou Kou The Fisherman
- Monkey Song
- Living With Pirates







2) The Extra Large
                 

Favorite Tracks: 
- Selamanya

Lewat lagu ini, mereka menggambarkan situasi seseorang yang gagal move on dari mantannya hingga sekarang. Kalo gak percaya coba aja denger lirik di bagian reffnya. Sebenernya lagu ini gak gue rekomendasikan buat kalian yang juga gagal move on, karena gue tau nanti kalian bakalan nangis terisak-isak setelah dengerin lagu ini. Digambarkan jika ada seseorang yang ingin kembali dengan mantan pacarnya dan kalau bisa, ingin selamanya bersama dengan orang tersebut. Tau kan rasanya ada di posisi kayak gitu? Ya, gue juga tau kok. Intinya lagu yang lumayan ceria (dari komposisi musiknya) ini gak sepenuhnya menggambarkan kisah bahagia. Gitu.

- Teman

Jaman sekarang ini udah lumayan jarang gue temui penyanyi atau musisi yang berani mengangkat tema selain percintaan untuk diangkat menjadi sebuah lagu. Lewat lagu ini, Extra Large memberikan kita sebuah pesan yang sangat berharga mengenai persahabatan, dimana kita seharusnya memotivasi dan mendukung mimpi teman kita, membantu mereka apapun yang bisa kita bantu, dan selalu ada disaat mereka membutuhkan kita. Karena menurut gue, sejatinya makna dari persahabatan emang seperti itu. Salut buat Extra Large!!



Another Tracks:

- Confession
- Jatuh Cinta
- Don't Stop






3) White Shoes and The Couples Company



                



Favorite Tracks: 
- Windu Defrina

Band yang beranggotakan enam orang dan menjunjung gaya klasik ala 70-80an baik dari segi musik dan gaya kostum mereka ini mengisahkan dua anak muda yang bernama Windu dan Defrina. Kedua anak muda ini sedang 'tenggelam' dalam ombak asmara. Seperti realita anak muda jaman sekarang ini, White Shoes juga menuliskan hal yang sama seperti yang terjadi di masa ini. Alunan musik klasik yang memang kental di lagu ini juga membuat gue jadi suka sama band ini waktu pertama dengerin lagu ini. Gaperlu diragukan lagi, lewat lagu ini White Shoes menunjukkan eksistensi mereka dalam menjunjung musik bergaya klasik dan akhirnya mampu survive di era musik modern sekarang ini. Dan faktor lain dari lagu ini yang bisa membuat gue jadi suka adalah kekuatan liriknya. Selamat mendengarkan.

- Brother John

Meskipun sampai sekarang masih kurang mengerti maksud dari lagu ini, tapi bagi gue komposisi musik di lagu ini bisa mengangkat sehingga lirik yang menurut gue agak susah dicerna bisa terlupakan sejenak. Dari intronya saja gue bisa langsung suka sama lagu ini. Pantes aja jika White Shoes sering diundang ke festival musik mancanegara. Kekuatan dari lagu-lagu mereka adalah dari komposisi musik dan gaya pembawaan vokalis cewenya yang belakangan ini emang udah susah banget kita temui. Mereka bangga dengan gaya klasik mereka, karena jika gak ada musik klasik, musik modern gak bakal lahir. Sabi.



Another Tracks:

- Nothing to Fear
- Tentang Cita
- Sunday Memory Lane
- Senandung Maaf




Nah sekarang gue akan share beberapa lagu lagi yang terlintas di otak gue ketika gue lagi nulis post ini

- Ten2Five - Love is You
- Ten2Five - My World is Full With You
- Ginda and The White Flowers - When Love Needs a Break
- LLW - Back Into Sumthin
- Pandai Besi - Menjadi Indonesia
- Efek Rumah Kaca - Cinta Melulu
- Mocca - You
- Morgen bis Abend - Kuingin
- The SIGIT - New Generation
- BLP - Lebih Tinggi
- Two Triple O - Aku Cinta Kamu
- Funk Off - I Heart You
- Monita - Ingatlah


Sekian dulu post gue kali ini. Semoga bisa menambah referensi lagu lo semua. Karena musik Indonesia beragam dan banyak banget 'warnanya', maka gue berani menuliskannya di blog gue ini. Sebenernya kalo kita mau rajin nyari-nyari, pasti bakal ketemu sama lagu-lagu indie yang gak kalah bagusnya sama lagu dari musisi terkenal yang udah sering on air. Karena kalo bukan kita sendiri yang cinta dan bangga sama musik indie kita, terus mau siapa lagi??



See you ~  :)

Komentar

  1. coba dengerin liburan indie nya endah&rhesa deh pernah ada yg buat videonya di youtube bergaya swiss style gitu keren bgt, kalo white shoes gue paling suka yang kisah dari selatan jakarta :-) salam kenal

    BalasHapus
  2. liburan indie gw tau kok lagunya, asik emang
    kisah dari selatan jakarta nanti gw cari lagi lagunya
    thanks udah comment

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Nostalgia Volunteer Java Jazz Festival 2016

Gue dan 'My Blog-graphy'

Ketika Kau LDR