My Unexpected Teacher

Belakangan ini gue lagi suka ngebuka situs Reader's Digest. Reader's Digest (RD) punya beberapa situs cabang sesuai dengan negara atau kawasan benua tertentu, Indonesia sendiri belum punya situs RD-nya sendiri, yang ada hanyalah situs RD Asia (http://www.rdasia.com). Tapi setelah beberapa kali mencari tahu, ternyata Indonesia punya situs RD-nya sendiri (http://www.readersdigest.co.id).

Dan beberapa hari lalu gue sempet buka situs RD Asia dan baca beberapa artikel di dalamnya. Dari beberapa artikel yang gue baca itu, ada satu artikel yang 'menyentuh' buat diri gue. Artikel yang berisikan pesan moral yang luar biasa tentang kisah nyata seorang mahasiswa calon sarjana kedokteran yang sedang berada di sebuah rumah sakit untuk mengumpulkan data guna menyelesaikan thesisnya di tahun 2009. Gaperlu basa-basi lagi, inilah kisah tentang 'My Unexpected Teacher'. check this out!







Selama tujuh semester pertama sebagai mahasiswa kedokteran di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, saya menghabiskan sebagian besar waktu saya belajar dan di kelas. Saya jarang berbicara dengan pasien nyata di rumah sakit. Kemudian tahun lalu saya mulai mengunjungi bangsal neurologi di RS Dr Sardjito.

Saya sedang mengumpulkan data untuk tesis saya , penilaian terhadap pil kontrasepsi oral sebagai faktor risiko untuk stroke iskemik . Stroke jenis ini adalah yang paling umum dan terjadi sebagai akibat dari obstruksi dalam pembuluh darah yang memasok darah ke otak . Di rumah sakit saya akan meninjau catatan medis pasien stroke baru, kemudian mewawancarai mereka untuk mengetahui apakah mereka minum pil. Itu adalah proses yang lambat.


Di satu malam yang hujan di bulan Oktober itu, saya berada di bangsal neurologi untuk menemui tiga pasien yang saya butuhkan untuk menyelesaikan studi saya . Catatan rumah sakit menunjukkan bahwa ada seorang pasien stroke berusia 43 tahun , yang akan saya sebut 'Ibu A'.

 Memegang kuesioner pasien , saya berjalan menuju kamarnya . Saya tidak melihat dokter ataupun perawat , bangsal sangat tenang. Ibu A berada di ruangan remang-remang yang memiliki delapan tempat tidur . Saya bisa melihat awan gelap dan hujan deras melalui jendela. 
 
Ibu A terbaring di tempat tidur 4B , jelas masih lemah karena dia masih belum pulih dari stroke baru-baru ini. Tidak ada keluarga atau teman yang bersamanya. Bahkan tempat tidur di sampingnya pun kosong . Saya duduk di kursi di samping tempat tidurnya, dan dengan suara pelan saya memperkenalkan diri dan bertanya bagaimana keadaannya sekarang. Dia lembut menjawab bahwa ia menjadi lebih baik tapi sisi kiri tubuhnya masih lemah. Ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin mengumpulkan beberapa informasi tambahan dari dia, dia setuju.


Saya pun segera menanyakan beberapa pertanyaan padanya . Setelah saya selesai, saya siap untuk meninggalkannya sehingga saya bisa pergi mengumpulkan catatan medis lebih banyak. Sebelum saya bisa berdiri, Ibu A berbicara dengan suara yang lemah. "Saya belum pernah melihat Anda di sini sebelumnya, dok. Apakah Anda dokter baru ?"


"Tidak juga, Bu. Hanya saja saya tidak datang ke sini setiap hari", jawab saya. Dia memulai percakapan, bertanya di mana saya berasal dan mengapa saya bekerja begitu larut di malam hari. Saya terkejut seseorang dalam kondisi sepertinya sudah ingin bicara banyak.

"Dok, anda pikir saya bisa mendapatkan kembali kehidupan normal saya?", Ibu A bertanya pada satu ketika.


Jauh di dalam hati saya, saya berpikir, "Tuhan, saya berharap saya adalah seorang dokter sehingga saya bisa menjawab pertanyaannya dengan benar".


Saya menjawab bahwa sementara ini saya tidak tahu banyak tentang kasusnya, padahal saya bisa mengatakan padanya apa yang telah saya pelajari tentang pemulihan pasien stroke. Tergantung pada tingkat keparahan stroke, cukup merespon dengan baik untuk proses rehabilitasi. Saya sangat enggan untuk mengatakan terlalu banyak detail karena saya hanya seorang mahasiswa kedokteran.


Ibu A mulai berbicara tentang dirinya sendiri. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia punya tiga anak di sekolah dasar, yang tinggal dengan tetangga. "Suami saya meninggal setahun yang lalu dan saya satu-satunya pencari nafkah keluarga saya. Kami tidak kaya dan gaji saya sebagai pembersih hanya pas-pasan bagi saya dan anak-anak saya"
.

 Saya tidak tahu harus berkata apa. Melihat ke matanya, saya berusaha keras untuk mengingat pelajaran dari kelas keterampilan komunikasi, karena saya telah mengambil kelas beberapa tahun sebelumnya, tapi pikiran saya kosong. Saya mengutuk diri sendiri karena tidak menaruh lebih banyak perhatian di kelas tersebut.Tanpa sadar, saya mulai memegang tangan Ibu A. Karena saya tidak punya sesuatu untuk dikatakan, saya hanya duduk diam sementara dia berbicara. Saat itulah saya sadar bahwa dia tidak mengharapkan balasan dari saya. Dia hanya ingin saya untuk mendengarkannya.

Percakapan ini berlangsung selama sekitar 20 menit. Dia berbagi kesulitan dan penderitaannya, berbicara tentang suaminya yang tewas dalam kecelakaan mobil, dan dia yang berjuang untuk mendapatkan uang. Dia juga mengungkapkan ketakutannya tentang apa yang akan terjadi dengan anak-anaknya jika sesuatu yang buruk terjadi padanya. Semua yang saya lakukan adalah mengangguk sebagai cara untuk menunjukkan simpati saya.

Akhirnya, Ibu A berhenti bicara. Dia pun berkata, "Saya sangat menyesal menahan Anda di sini untuk mendengarkan masalah saya, tapi saya merasa lega sekarang. Saya tidak punya seorang pun untuk mencurahkan masalah saya".


Setetes air mata jatuh dari sudut matanya. Saya membelai rambutnya dan terus memegang tangannya. Akhirnya, saya tahu harus berkata apa, "Tidak apa-apa, Bu. Itu bagian dari tugas saya"."Terima kasih, dok, terima kasih banyak".


Dia melepaskan pegangan tangannya. Saya berdiri, menutupi tubuhnya dengan selimut, lalu melambaikan tangan dan meninggalkannya sendirian di tempat tidurnya. Beberapa hari kemudian, ketika saya kembali ke bangsal, saya menemukan bahwa Ibu A telah dipindahkan karena kondisinya telah membaik, meskipun ia masih perlu rehabilitasi.


Ibu A mengajari saya salah satu pelajaran yang paling penting bagi seorang dokter. Kadang-kadang pasien tidak perlu obat mahal atau ke
canggihan teknologi. Mereka hanya membutuhkan seseorang dengan kesabaran dan kemauan untuk meminjamkan telinga dan meluangkan sedikit waktu mereka. Bagi saya, itu adalah salah satu hal terbaik yang dokter bisa lakukan untuk pasien.

~





Nah gimana, bagus kan ceritanya? Sebentar ya, gue mau meras sapu tangan gue dulu yang barusan gue pake buat mengelap air mata gue.


Kadang kita semua sering gak sadar, jika hal yang penting di dunia ini tidak hanya uang, teknologi, ataupun kemewahan. Masih banyak hal yang jauh lebih penting dibanding kesenangan sesaat kita saja, diantaranya adalah perhatian. Perhatian yang diberikan oleh orang di sekitar kita yang peduli pada kita akan jauh lebih berharga dan bernilai. Perhatian yang diberikan dengan rasa ketulusan. Perhatian yang tak ternilai harganya. Karena dengan memberikan perhatian kita pada orang lain, maka kita juga memberikan sebagian 'porsi' waktu dalam hidup kita pada orang lain, yang tidak mungkin terulang ataupun kita alami lagi dalam hidup kita. Dan itulah yang seharusnya kita lakukan pada orang di sekitar kita.


~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Nostalgia Volunteer Java Jazz Festival 2016

Gue dan 'My Blog-graphy'

Ketika Kau LDR