Seporsi Balada Lintas Angkatan



Sekarang gue ingin berbagi kisah gue tentang 'cinta lintas angkatan' yang pernah gue alami waktu di SMA. Ketika itu gue terpilih menjadi pengurus organisasi siswa intra sekolah. Beberapa temen gue dan adik-adik kelas juga terpilih. Diantara banyaknya adik kelas yang terpilih juga, secara tidak sengaja gue cukup dekat dengan satu adik kelas cewe. Gue dan dia dekat karena kita ada di organisasi itu. Padahal sebelumnya, gue dan dia gak pernah saling nyapa. Kita hanya sekedar tau nama satu sama lain. Awalnya obrolan gue dan dia emang cuma sebatas program kerja dan bercanda basa-basi. Tapi lama-kelamaan berlanjut jadi sering cerita soal kesehariannya dia dan curahan hatinya dia. Entah itu cerita tentang guru-guru, pelajaran, atau temen-temen di kelasnya dia. Semuanya mengalir begitu saja.



 Kedekatan diantara kami yang berawal dari organisasi itu mulai berlanjut ke kedekatan personal. Gue dan dia sering pulang sekolah sampai sore hanya untuk sekedar ngobrol. Mungkin bisa dibilang setiap hari. Setiap jam pulang sekolah, gue pasti akan menunggu dan mencari dia. Kadang jika gue belom ketemu sama dia, gue suka bertanya ke teman-teman cewenya.

            ‘Eh ada yang ngeliat Lina gak?’ tanya gue ke teman-temannya.
            ‘Lina di kantin kak kayaknya. Cie kak Febry mau ngapain nyariin Lina? Hehe’ jawab mereka kompak.

            Gue menjawab dengan nada salah tingkah, ‘Emm gapapa kok cuma mau mastiin proposal kegiatan udah dia buat atau belom’.
            ‘Oh gitu ya kak. Kalo diliat-liat kayaknya kakak sama Lina cocok deh kak haha’ jawab mereka lagi.

            ‘Wah cocok apa nih maksudnya?’ tanya gue, semakin salting.
            ‘Cocok aja kak. Nanti ketua sama wakil kan pasti selalu deket tuh. Nah bisa aja kan nanti deketnya ke arah yang lain gitu kak haha’
            ‘Ah bisa aja lo semua haha udah ya gue mau nyari Lina dulu’ kata gue, berusaha mengakhiri ledekan mereka.

            ‘CIIIEEEEEE KAKK FEEBBRRRRYYYYYYYY’ teriak mereka saat gue membalikkan badan dan berjalan. Gue gak menjawab apa-apa dan cuma senyum ke mereka. 

Gue pun melanjutkan pencarian gue. Gue berjalan melalui koridor sekolah dan menuju ke kantin. Dan disanalah gue menemukan Lina. Gue menemukan dia lagi duduk dengan teman-temannya yang lain. Dan ketika teman-temannya ngeliat gue dateng, mereka langsung ciein gue. Gue cuma senyum dan duduk bareng mereka. Awalnya kita semua ngobrolin banyak hal. Sampai suatu ketika, seorang temen gue yang memang ada disitu sejak awal mengajak kita semua main Uno.

            ‘Eh daripada bosen main Uno ajalah kita. Siapa yang mau ikutan nih?’ tanya teman gue itu.
            Gue yang ketika itu udah SMA, gak peduli lagi dengan umur gue dan langsung mengiyakan ajakan teman gue buat main Uno, ‘Ayok deh gue main. Jangan pada tepuk tangan ya kalo gue menang haha’.



Mendengar jawaban gue tadi, Lina juga langsung menerima ajakan teman gue, ‘Kak gue juga mau ikutan main dong, tapi gue gatau cara mainnya gimana. Ajarin gue ya kak hehe’.

            ‘Yaudah gampang deh itu. Tapi besok beliin gue es krim ya? Haha’ jawab gue.
            ‘Yehh apaan sih kak perhitungan banget sama gue. Kan cuma minta tolong ajarin Uno doang’ jawabnya.
            ‘Terserah sihh kalo gak mau beliin gue, lo siap-siap aja sekarang kalah main Unonya’ balas gue, dengan sedikit mengancam.

            ‘Iya deh kak iya besok gue beliin, tapi lo harus ngajarin gue sampe jago ya!!’
            ‘Nah gitu dong! Gampang tenang aja deh, gue jagonya’ jawab gue puas.

Kami pun akhirnya mulai main Uno. Yang ikut bermain kali ini adalah gue, Lina, dan dua temen cowo gue. Kita main beberapa kali sampai suasana di kantin saat itu sudah sepi. Anak-anak yang lain sudah pulang. Teman-teman dia maupun teman-teman gue udah gak ada, kecuali dua temen gue tadi. Gak kerasa kita main sampe sore waktu itu. Dan dalam beberapa kali kesempatan main itu, gue gak pernah menang pertama. Mayoritas gue cuma jadi pemenang ketiga, alias orang yang hampir aja kalah. Kadang Lina yang kalah dan harus mengocok kumpulan kartunya, kadang juga teman cowo gue yang kalah dan harus mengocok juga. Hoki gue cukup gede buat ngindarin posisi pemenang keempat (baca: posisi pecundang). Tapi gue juga agak takut kalo gue terus ngajarin Lina main Uno, lama-kelamaan gue yang bakal jadi budak buat ngocok kartunya. Tapi gapapalah, intinya disaat gue main bareng dia, gue ngerasa nyaman dan nyambung sama dia pas kita bercanda juga.

Sejak hari itu, intensitas gue main Uno bareng dia dan temen gue jadi semakin sering. Bisa dibilang tiap hari sepulang sekolah kita selalu main. Gak ada rasa bosen di benak gue dan dia saat itu. Karena melalui Uno, gue dan dia bisa ketemu, bisa saling bercanda, dan yang paling penting, gue dan dia bisa lebih lama bersama-sama.

Kalo kita udah selesai main Uno, biasanya kita juga mulai ngobrolin sesuatu. Kadang dia yang mulai bercerita tentang suatu hal, kadang gue juga. Tapi jauh lebih banyak dia yang cerita. Karena gue lebih suka menjadi pendengar yang baik saat dia lagi bercerita. Saat-saat gue bareng sama dia menjadi obat pelepas penat dan suntuk gue akan pelajaran sekolah yang semakin rumit dan gak gue mengerti arah tujuannya buat masa depan gue nanti. Seketika gue ngerasa seneng dan beban di pikiran gue lenyap saat gue lagi bareng sama dia.



Kedekatan antara gue dan Lina juga berlanjut ke komunikasi pribadi. Gue dan Lina sering bertukar pesan singkat maupun Blackberry Messenger. Biasanya awal-awal obrolan gue dan dia di pesan singkat membahas tentang program kerja kami, tapi selanjutnya pasti membahas tentang dia ataupun gue. Bisa dibilang saat itu dia menjadi orang yang paling gue percaya untuk menceritakan apapun yang gue mau ceritain ke seseorang. Karena setiap gue butuh seseorang untuk mendengar curahan hati gue, dia pasti selalu ada buat gue. Dia selalu menanggapi apapun yang gue ceritakan ke dia. Dia selalu berusaha memberikan respon yang baik buat gue. Dan karena hal itu, gue merasa senang tiap cerita ke dia. Gue merasa nyaman. Gue merasa nyambung. Gue seperti menemukan orang yang bisa mengerti gue. Dan mulai dari sini, sebuah reaksi alami yang dahsyat muncul di hati gue. Reaksi yang selalu menimbulkan rasa senang setiap gue ngomong ataupun ketemu sama dia. Reaksi yang membuat otak gue selalu memikirkan dia setiap saat. Gue pun membulatkan niat untuk mengatakan apa yang gue rasakan ke dia.

            ‘Lina, gue mau ngomong sesuatu nih’ tulis gue di pesan singkat yang kemudian gue kirim ke dia.
            ‘Mau ngomong apa kak?’ balas dia.

            ‘Eh tapi sebelum gue ngomong, lo bisa gak mulai dari sekarang manggil gue gak pake kak? Biar gak canggung kedengerannya. Kan kita juga udah akrab’ jawab gue, mulai berusaha mengganti batas hubungan kakak adik diantara gue dan dia menjadi hubungan yang lebih personal.

            ‘Aduh gimana ya kak, bukannya gue gak mau, tapi gue udah kebiasaan begitu kak. Lagian nanti pasti jadi janggal kalo gue manggil lo gak pake kak’ jawabnya lagi.
            ‘Ah masa sih janggal? Lagian kan kita cuma beda setahun, gapapalah kalo manggil nama aja’ gue masih berusaha meyakinkan dia.

            ‘Tapi gak enak kak guenya, tetep pake kak aja ya. Jadi lo mau ngomong apa kak?’.
            ‘Yaudah deh terserah lo aja enaknya gimana. Jadi gini, gue mau ngomong jujur sama lo soal yang gue rasain belakangan ini’.

            ‘Rasain soal apa kak?’.
            ‘Ya setelah gue deket sama lo belakangan ini, kita sering ngobrol bareng, main bareng, pulang bareng, sering sms atau bbm juga, gue jadi ngerasa nyaman dan nyambung sama lo. Gue pasti ngerasa seneng tiap gue lagi sama lo, dimanapun itu, apapun yang kita lakuin. Pokoknya asal itu bareng sama lo, gue pasti seneng’.
 
            ‘Kak, lo serius sama yang lo omongin ini? Lo lagi gak bercanda kak?’ jawabnya agak bingung.

            ‘Iya gue serius, gue lagi gak mood bercanda. Dan setelah gue pikirin semuanya mateng-mateng, gue memutuskan buat beraniin diri gue ngomong ini ke lo. Kita emang udah deket banget, udah kayak kakak adik. Tapi gue pengen kita punya hubungan yang lebih dari itu. Jadi intinya, lo mau gak jadi pacar gue?’ tanya gue, dengan penuh keberanian dan badan gue yang udah keringet dingin.

            ‘Ini seriusan kak? Lo lagi ngerjain gue ya?’.
            ‘Nggak, Lin. Gue serius. Semuanya udah gue pikirin. Gimana jawaban lo?’ gue bertanya seolah lagi stay cool, padahal lagi pasang muka sakau kayak Tukul.

            ‘Aduh kak ini serius? Gue gabisa jawab sekarang kak. Nanti gue sms lagi deh’ jawabnya.
            ‘Oh yaudah. Jangan kelamaan mikirnya ya’.

Dan sekitar satu setengah jam gue menunggu. Momen yang sebenarnya gak terlalu lama bakalan terasa sangat lama jika sedang menunggu sesuatu, dan itulah yang gue rasakan. Beberapa saat kemudian sms dari dia pun datang.

             ‘Kak tapi lo udah yakin dengan apa yang lo bilang ini kan? Gak ada maksud buat ngerjain gue kan? Tapi nanti gimana kak hubungan kita di sekolah, bakal tetep profesional kayak biasanya?’.
            ‘Iya gue serius, serius banget malah. Ya kita tetep bisa profesional di sekolah, kayak biasanya. Dan emang harusnya gitu. Jadi jawaban lo gimana?’ gue kembali bertanya.

            ‘Pokoknya lo harus janji ya kak kalo di sekolah kita tetep bisa profesional. Gak enak nanti sama anggota yang lain kalo kita gak profesional. Jawabannya apa ya? Hehe iya kak gue mau’ tulisnya, diakhiri dengan emot senyum.

Spontan, detik itu rasanya jantung gue mau berhenti berdetak. Gue masih gak percaya akan jawabannya dia barusan. Itu artinya sekarang gue dan dia udah gak cuma jadi kakak adik doang, tapi udah lebih dari itu. Gue seneng banget. Gue pun pingsan untuk beberapa saat.



Sejujurnya, sejak awal gue bergabung di organisasi ini dan ketemu sama dia, gue gak ada niat untuk melakukan pendekatan sama dia. Gue gak pernah berpikir ke arah itu. Tapi karena posisi jabatan gue dan dia yang membuat kami harus sering-sering ketemu dan ngobrol, maka gue pun lama-kelamaan jadi deket dan akrab sama dia. Semuanya mengalir begitu aja. Obrolan gue dan dia di awal yang dulunya cuma membahas tentang program kerja aja, sekarang jadi berlanjut ngebahas tentang hal pribadi dia maupun hal pribadi gue. Setelah gue sadar kembali, gue membalas sms dari dia.

            ‘Jadi sekarang kita udah resmi nih?’ tanya gue.
            ‘Iya kak kita udah resmi. Jangan canggung ya kak’.
            ‘Kalo udah resmi jangan pake kak dong, janggal dengernya tau haha’ balas gue, masih agak canggung.
            ‘Susah kak, udah kebiasaan. Gapapa kan?’ jawabnya.
            ‘Iya deh gapapa, terserah kamu aja’ balas gue, kali ini gue yang pake emot senyum.

Sejak hari itu, gue dan dia udah resmi jadian. Kita pun langsung terbuka di sekolah kalo kita udah jadian. Semuanya berjalan baik-baik aja, termasuk dengan hubungan kita di organisasi sekolah itu. Tetapi setelah semuanya berlanjut, sangat terasa perbedaan sebelum dan setelah gue jadian sama dia. Jika sebelum jadian gue bisa bebas bercanda apa aja sama dia, ngebahas apa aja sama dia, tapi setelah jadian gue jadi ngerasa canggung sama dia, dia pun merasakan hal yang sama. Kita juga masing-masing jadi jaim sendiri. Gak seleluasa sebelum kita jadian. Emang gue dan dia selalu deket dan bareng setiap siang hari pas udah pulang sekolah, tapi itu cuma fisik kita aja. Karena sesungguhnya hati dan pikiran kita gak ketemu di tempat itu. Semuanya jadi terasa ada batasnya. Mungkin juga karena kita emang gak seangkatan dan gak seumur, pikir gue. Tapi harusnya hal itu gabisa dijadikan alasan utama. Pasti ada alasan lain yang jauh lebih kuat. Gue juga cuma bisa ketemu dia pas jam pulang sekolah aja. Selebihnya hanya bisa dilanjutkan lewat Blackberry Messenger.

Gue dan dia menyadari adanya kerenggangan diantara kami. Gue pernah bilang soal hal ini ke dia, dan dia bilang ini cuma masalah waktu aja. Karena lama-kelamaan kita pasti bisa seakrab kayak pas sebelum jadian. Tapi menurut gue masalahnya bukan disitu. Bukan masalah waktu. Gue merasakan ada hal lain yang sebenarnya menjadi penyebab gue dan dia jadi ngerasa beda satu sama lain. Menurut gue, ada perbedaan yang sangat besar ketika gue dan dia hanya sebatas adik kakak dan yang sekarang udah jadi pacar.



Gue merasa jika saat gue jadi kakak buat dia, gue lebih bisa ngertiin dia. Gue lebih bisa nyambung dan nyaman sama dia. Perhatian gue buat dia juga gak harus tercurahkan seratus persen. Dan ketika gue jadi kakak buat dia, gue selalu ada buat dia. Gue selalu apa adanya buat dia tanpa perlu harus jaim. Lagipula hubungan kakak adik gak bakal mempengaruhi konsentrasi gue ataupun dia saat belajar di rumah. 

Gue akhirnya beraniin diri buat ambil keputusan akan hal ini. Gue gabisa selamanya pura-pura dan ngebohongin dia terus. Gue juga gak mau dia makin sakit hati nantinya. Karena nyakitin hati wanita bukanlah salah satu bakat gue. Akhirnya gue dan Lina sepakat buat mengakhiri hubungan kita sebelum semuanya terlanjur keruh. Hubungan kami berakhir dengan damai dan gak pake acara bunuh-bunuhan kayak berita-berita di tv.

Satu pesan dari Lina sebelum kita sepakat putus adalah dia pengen hubungan gue dan dia nantinya tetap bisa berjalan dengan baik dan gak kaku alias balik kayak pas gue dan dia jadi adik kakak. Kalo pake istilah yang dia buat, dia pengen gue dan dia tetap jadi ‘BroSis’, singkatan dari brother dan sister. Tetap menjadi kakak dan adik yang saling peduli dan saling menyayangi. Yang selalu ada disaat yang lain membutuhkan. Bagi gue, permintaan dari dia itu bukanlah hal yang sulit. Gue ngerasa sanggup memenuhi permintaan dia. Maka gue pun mengiyakan permintaannya itu.

            ‘Oke kak. Gue tunggu pemenuhan janji lo itu ya’ tulis Lina melalui pesan singkat, yang kali ini masih diakhiri dengan emot senyum.
Dengan balasan pesan darinya itu, maka sekarang resmilah jumlah mantan gue bertambah satu lagi. 

            ‘Iya, Lin. Gue pasti menuhin janji gue. Lo juga harus bisa ngelakuin hal itu ya’ balas gue.
Dan di hari ulang tahun gue, dia ngasih gue sebuah sweater warna hitam. Itu cukup berkesan buat gue. Gue menghargai pemberiannya itu. Dan sampai sekarang, jika gue ngeliat sweater dari dia itu, gue pasti teringat sama dia. Gue teringat sama Lina. Sweater itu bagaikan saksi bisu hubungan singkat gue dan dia.

Di akhir cerita gue dan dia, gue bisa menyimpulkan satu hal yang pasti. Bukan salah Lina yang gak bisa bikin gue betah sama dia. Tapi karena gue sejak awal udah salah mengartikan rasa sayang gue ke dia. Rasa sayang yang seharusnya ada pada ‘porsi’ yang pas, tapi gue malah memberi porsi yang gak sesuai.




Ibarat makanan, jika kita makan dengan porsi yang gak pas juga, kita pasti gak bisa ngerasa puas. Begitu juga dengan cinta. Bukan hanya tentang bagaimana memiliki seseorang, tapi cinta juga harus bisa diatur porsinya supaya bisa dinikmati. Jangan sampai porsinya berlebih, tapi juga jangan sampai tidak sesuai porsi
. That's it!!

Komentar

  1. Kena familyzone ya, kak? Atau lebih dikenal kakak-adik-zone ya, kak?
    Ah, tapi kan sempat jadian, drpd kakak-adik trs saling suka dan syg eh ga jadian.... Eh curhat. ._.

    BalasHapus
  2. Brother-sister-zone kayaknya haha
    makasih udah mampirr ~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Nostalgia Volunteer Java Jazz Festival 2016

Gue dan 'My Blog-graphy'

Ketika Kau LDR